Pendidikan Formal

RUMAH TAHFIZD DAN KITAB GUNDUL
(RTKG)

Rumah Tahfihz dan Pembelajaran Kitab Gundul. Untuk memperkuat penguasaan al-Qur`an dan ilmu agama Islam, Pesantren Al-Kifayah Riau melaksanakan program tahfihz dan program pembelajaran kitab gundul secara intensif baik untuk santri pesantren al-Kifayah maupun untuk mahasiswa.

Tahfidz Al-Qur`an Metode Otak Kanan

Metode belajar al-Qur`an di Al-Kifayah menggunakan metode sendiri yaitu metode yang mengutamakan otak kanan sebagai sistem pembelajaran al-Qur`an. Metode ini komprehensif, mudah dan menyenangkan. Kurikulum pembelajarannya hadir dalam konsep 4T+1A, Tilawah, Tahfizh, Terjemah, Tafsir dan Analisa. Yang dimaksud dengan analisa di sini adalah mempraktekkan ilmu nahwu dan sharaf pada ayat al-Qur`an. Di kalangan pesantren dikenal dengan istilah `irab dan tashrif. Tujuan penggunaan metode di atas agar seorang muslim bisa berintegrasi dengan al-Qur`an sebagaimana para sahabat Rasulullah. Diharapkan lulusan mampu membaca, memahami, mengamalkan dan menghafal al-Qur`an serta memahami struktur kalimatnya

Para pembimbing akan membimbing santri yang kemampuan bacaannya masih rendah, mentahsin bacaan santri yang bacaannya masih belum sesuai dengan qaidah yang benar. Kemudian jika bacaannya sudah benar, memahami arti perkata, menterjemahkan dan menafsirkan serta membimbing analisa nahwu dan sharafnya bagi santri yang kelas tinggi. Para santri juga dibimbing untuk menghafal. Secara bergilir dan berkala, pada santri dibina untuk menghafal al-Qur`an selama 20 hari persemester. Setiap hari mereka menghabiskan waktu untuk menghafal tak kurang dari 12 jam, mereka tidak diberikan materi lain selain menghafal al-Qur`an dengan tujuan agar fokus.